02 February 2012

Panggilan Terbang

Ketika nama anda muncul dalam daftar TKI Korea terbang (pada situs bnp2tki.go.id bagian Program G to G Korea), maka segera lakukan persiapan sesuai undangan untuk datang ke Ciracas (biasanya ada jeda waktu 3 hari).

Tempat berkumpul sebelum terbang adalah di Gedung KITCC Ciracas selama kurang lebih 2-3 hari (untuk persiapan administrasi, termasuk foto KTKLN).

Persiapan dari rumah:
1. Baju hem putih, celana panjang hitam (dipakai ketika terbang).
2. Pakaian secukupnya.
3. Perlengkapan mandi (untuk handuk bawa ukuran kecil/sedang).
4. Perlengkapan solat (untuk sajadah bawa ukuran kecil/sedang).
5. Buku dan beberapa bolpen (bagi yang suka mencatat)
6. Sekedar saran: pakaian kerja, HP, laptop, jam weker, kamera, obat (lihat rincian paling bawah)

Catatan:
Kalau bisa bawalah tas travel ukuran kecil/sedang, jika perlu tas tambahan bawalah tas ransel/punggung maupun tas pinggang. Untuk pakaian maupun keperluan pribadi lainnya, anda bisa membelinya di Korea. Dan jika musim dingin bawalah jaket tebal, tutup kepala, kaos tangan, pelembab, lipstik transparan (jaket dari bnp2tki tidak bagus).

Dokumen yang harus dibawa:
1. Sertifikat preliminary (prelim) asli.
2. Kwitansi asli (deposit tiket pesawat, apply visa, preliminary).
3. Paspor + fotocopy 5 lembar.
4. Hasil medikal cek up asli.
5. Sertifikat KLPT asli.
6. Kartu asuransi perlindungan TKI + fotocopy 3 lembar.
7. Kwitansi asuransi perlindungan TKI + fotocopy 3 lembar.
8. Pasfoto 4x6 (seperti waktu anda mendaftar) 2 lembar.
9. Pasfoto 3x4 (seperti waktu anda mendaftar) 2 lembar.
10. Materai 6000 1 lembar.
11. Buku tabungan pribadi + fotocopy 3 lembar.
12. Fotocopy buku tabungan keluarga 3 lembar (gantinya tab. pribadi).
13. Print daftar TKI Korea terbang dari situs bnp2tki.go.id.
14. Map biru/kuning 1 buah.

Rincian biaya terbang:
1. Uang saku 500.000 won (jika krus 8,3 = 4.150.000).
2. Pelunasan tiket pesawat ± 3.200.000 atau 2.600.000.
3. Penginapan + makan 200.000 atau 350.000 (tergantung lamanya).
Lainnya (bisa berubah):
4. Biaya transit pesawat 150.000 (jika naik pesawat GA transit di Indonesia).
5. Multivitamin 150.000
Total 1 (termasuk lainnya): 7.250.000
Total 2 (termasuk lainnya): 8.000.000
Belum termasuk transportasi dan jajan pribadi anda (sebaiknya sediakan lebih untuk jaga-jaga).

Catatan:
1. Pelunasan tiket untuk musim panas (bulan juni, juli, dan agustus) lebih mahal dari pada musim lainnya.
2. Tukar won sebenarnya tidak harus 500.000 won, tetapi hal ini untuk mengantisipasi pemulangan jika bermasalah serta biaya hidup sebelum menerima gaji.
3. Jika uang rupiah anda lebih, sebagian bisa ditukar won dan sebagian disimpan untuk keperluan cuti nantinya.

Pembagian SLC

SLC (Standard Labor Contract) merupakan surat perjanjian kontrak kerja. SLC garis besarnya berisi: 1) Nama, alamat, dan pemilik perusahaan. 2) Periode kontrak. 3) Jenis pekerjaan. 4) Jam kerja, shift kerja, dan lembur harian. 5) Rincian gaji. 6) Penginapan dan makan.

Sebenarnya gaji Korea adalah standar, yang membedakan adalah jumlah jam lembur dan tunjangan/bonus perusahaan. Kadang gaji besar kerjanya berat dan melelahkan.

---------

Pakaian kerja.

Pakaian dan perlengkapan kerja nantinya disediakan perusahaan (pakaian biasa dan pakaian musim dingin). Tetapi terkadang telat diberikan. Maka bawalah sementara dari rumah (pakaian kerja seperti kaos, celana, sepatu ket).

HP

HP dari Indonesia di Korea tidak dapat dipakai, jika membawa HP habiskanlah pulsanya sebelum di Pesawat. Jika punya HP yang bisa nyala tanpa sim card, ada alarm, mp3, kamera, bawalah karena itu berguna disaat awal di Korea. Anda bisa membeli HP di Korea nanti setelah punya ID card.

Netbook/Laptop Mini

Awal di Korea anda akan mengalami kebosanan, maka bawalah netbook/laptop mini (bagi yang suka komputer). Jangan lupa bawa CD driver dan CD instalasi jika ada. Untuk laptop tidak perlu masuk bagasi. Perlu diketahui bahwa di Korea harga elektronik (laptop, komputer, kamera digital) mahal dibandingkan dengan harga di Indonesia.

Jam Wekker

Awal di Korea anda tidak punya HP (jika tidak membawa dari rumah). Sebagai gantinya bawalah jam weker. Gunanya untuk mengatur waktu anda dengan baik. Misalnya bangun tidur tepat waktu dan memanfaatkan waktu istirahat dengan tidur beberapa menit.

Kamera Digital

Sangat sayang jika perjalanan ke Korea maupun saat berada di Korea tidak diabadikan. Kualitas fotonya juga harus bagus (HP dengan kamera ber-megapixel kecil kurang bagus), maka bawalah kamera digital jika punya.

Obat-Obatan

Setiap orang punya kecocokan dengan obat tertentu. Maka bawalah dari rumah secukupnya. Nanti di Korea anda bisa membelinya di world mart maupun di daerah Ansan (biasanya ada). Flu, batuk ringan, sakit kepala, dan lelah setelah bekerja adalah salah satu contoh kendala kita nantinya. Maka sediakan antisipasinya dengan obat, multivitamin, maupun minyak/balsem oles. Jangan membawa obat nyamuk karena di Korea tidak ada nyamuk :D .

Yang Tidak Boleh Dibawa

Korek gas, gunting kuku, alat cukur, pisau, cairan dan jel (seperti parfum dan pasta gigi) di atas 100 ml per botol, serta barang berbahaya yang lain. Barang-barang tersebut akan disita oleh pihak bnp2tki (saat berkumpul di aula).

Jadi bawalah cairan dan jel ukuran 100 ml tiap botolnya (parfum, lotion, pasta gigi, minyak oles, dan sebagainya). Jika darurat/butuh, agar aman sembunyikan dalam tas travel (tas yang akan masuk bagasi pesawat). Kenyataannya bisa lolos (asalkan bukan barang yang sangat berbahaya).


Gambar dalam pesawat KE (Korean Air)

Sebelumnya: Panggilan Preliminary Training (Prelim)
Berikutnya: Training Centre sebelum Bekerja

3 comments:

Anonymous said...

TERIMAKASIH ATAS INFORMASI DAN SARANNYA SANGAT BERGUNA

sexy said...

lucu banget di korea ngak ada nyamuk. di Negaraku Tanah Tumpahnya Darahku ini, nyamuk sama banyak dengan orangnya. April ini ke korea. Bimbang dengan waktu solatnya. Semoga selamat pergi dan kembali. Amin. Makasih informasinya.

IBU TUTI TKI SINGAPUR said...

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259